DEVAMELODICA [DOT] COM

tongkrongannya remaja gaul

Random Post
Spesifikasi Dan Harga Terbaru 2013 Blackberry Q10

Spesifikasi Dan Harga Terbaru 2013 Blackberry Q10

Spesifikasi Dan Harga Terbaru 2013 Blackberry Q10 – Setelah meluncurkan blackberry os 10, pabrikan milik RIM ini semakin menunjukkan taringnya, setelah berbagai macam blackberry os7 […]

Selengkapnya »

DROPPED D TUNING

Ada yang ngefans berat sama lagu lagunya Avenged Sevenfold? ya dalam postingan kali ini saya sengaja menambahkan link url dari guitar lessons Synister gate yang berjudul beast and the harlot. Jika kita perhatikan dengan seksama guitar lessons tersebut maka setelan dari gitar Synister Gate trsebut bukanlah setelan gitar normal biasa yang sering dimainkan di lagu lagu biasa yaitu setelan standard E-A-D-G-B-E (Tuning gitar standard).Bagi anda yang ngefans atau sering membawakan lagu lagu milik A7X, misal Beast and The HArlot, Unholly Convession, Scream, Atau lagu lagu milik MCR dan band band rock yang sangat kental dengan gitar yang distorsi dan seram ( Heavy ) tentunya tidak akan optimal jika dibawakan dengan setelan tuning gitar standard tersebut.

Umumnya lagu lagu dengan gitar yang ngerock dan terkesan jantan dan bertenaga seperti lagu2nya AV7x, Saosin, MCR dsb dibawakan dengan setelan gitar yang di sebut TUNING DROP D (DROPPED D TUNNING). Dropped D tuning adalah setelan ( tuning) gitar dengan pola D-A-D-G-B-E.karena dengan menggunakan pola itu gitaris dapat lebih bisa mempercepat speed dan jika di mainkan dalam distorsi yang agak basah dengan memainkan beberapa teknik gitar , maka akan mendapatkan suara gitar yang lebih berat dan berisi dibandingkan sama sama memainkan chord tersebut dengan tuning standard EADGBE. cara menuning DROPPED D ini adalah dengan menurunkan nada E pada senar E yang paling atas atau kalau di gitar senar E yang tebal (no.6) karena ada juga senar E (no.1) yang tipis karena pada setelan gitar standard ada 2 nada E yaitu E pada senar yang paling kecil dan E pada senar yang tebal dan senar E yang tebal ini yang akan didrop menjadi nada D. Nah bila string (senar ) gitar E diturunkan menjadi nada D maka akan terbentuk tunning drop D D-A-D-G-B-E. cara menurunkan menjadi nada B bisa menggunakan tunner atau di samakan nadanya dengan senar D (senar no.4 dari bawah).

nah bagaimana pola Dropped D tuning ini mampu berfungsi seperti itu?  pembentukan power chords major didapat dengan memainkan root+fifth(1+5th) ( berdasarkan teori pembentukan chord atau chordal techniquis misalkan: E5 didapat dengan memainkan E pada senar 6(open string) yaitu senar 6 lepas atau open dan B pada senar 5 fret 2, maka dengan senar E diturunkan, pembentukan power chords dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan satu jari saja. Misalnya untuk mendapatkan E5 saat gitar sudah di tunnin DROPPED D hanya dilakukan dengan menekan E(root–>nada 1  menjadi senar 6 fret 2) dan B(fifth–>menjadi senar 5 fret 2). dengan mengacu pada pembentukan chord, jika E di munculkan dari nada E-G-B maka posisi jari pada gitar untuk mendapatkan nada E5 DROPPED D TUNING adalh senar 1 (E)fret 2,  senar 2 (A) fret 2 , dan senar 3 (D)  fret 2. kalau kita teliti maka senar 2 fret 2 adalah nada B dan senar 3 fret 2 adalah nada E. shingga tetap membentuk unsur nada E G atau B pada pembentukan chordnya. semua terletak di fret 2 sehingga memudahkan gitaris untuk meletakkan jarinya dengan 1 jari saja dan menekan 3 fret sekaligus. gambar untuk lebih jelas dari power chords untuk tunning dropped D adalah sebagai berikut

untuk tanda silang atau X berarti senar tersebuat tidag digunakan atau tidak di tekan,jika anda mampu memainkan kelingking anda maka bisa di letakkan pada senar G yaitu berselisih 2 fret dari senar D, dalam artian misalnya chord E pada gambar di atas untuk senar D A D nya langsung di jepit dengan jari telunjuk anda dan jari kelingking diletakkan di senar G fret 4. ini tidaklah mutlak jari ini yang digunakan karena kenyamanan jari dari setiap player yang berbeda2 tergantung jari mana yang paling nyaman menurut anda, intinya penempatan jari pada chord sudah benar, tinggal kenyamana jari anda saja yang akan digunakan tergantung player masing2. sekian postingan dari saya untuk postingan tentang chord dsb akan saya postingkan lagi di waktu mendatang.

devamelodica | October 10th, 2011 | 2 Comments
      Pin It

Tagged with: CHORD



  1. Firefox 7.0.1 Windows XP

    Mantab tutorialnya brother

  2. iyox deva says:

    Firefox 3.6.23trtb1.1.3 Windows 7

    tq bro,,,,trus berlatih hehe,,,,salam gitaris







  • BACA JUGA

  • Recent Comments



  • theme by Chivaz [dot] net | Komputer | Gadget | Informasi | Game Gratis | Video