Informasi terbaru terlengkap terbaik

YOUTH AND LIFESTYLE

Random Post
Contoh Abstrak Skripsi Yang Baik Dan Benar

Contoh Abstrak Skripsi Yang Baik Dan Benar

Contoh Abstrak Skripsi Yang Baik Dan Benar – membuat skripsi adalah kewajiban bagi setiap mahasiswa S1, untuk memperoleh gelar sarjana. Setelah skripsi di buat dan […]

Selengkapnya »

Cara Membaca Tablature Gitar

Cara Membaca Tablature Gitar walaupun bisa di baca dengan software guitar pro, namun pengetahuan dasar pembacaan tablature wajib dikuasai oleh para gitaris.

Sebelumya kita harus memahami letak strings open nya terlebih dahulu. seperti pada gambar berikut :

Cara Membaca Tablature Gitar sebenarnya sangat mudah, biasanya Cara Membaca Tablature Gitar sudah disajikan dalam bentuk suatu garis dan titik penempatan jari pada fretboard gitar itu sendiri. sebagai contoh, tablature gitar tanpa menekan fretboard gitar di gambarkan sebagai berikut

E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-

seperti sudah di jelaskan pada postingan sebelumnya, bahwa urutan nada gitar secara standard adalah dengan ditunjukkan dengan urutan E A D G B E dan di gambarkan seperti gambar di atas. secara teori gambar di atas adalah menunjukkan string gitar terbuka, dalam artian tidak ada penekanan jari pada satu titik fretboard.

nah, Cara Membaca Tablature Gitar adalah dengan membaca lambang atau gambar yang sudah di tunjukkan seperti di atas, sebagai contoh ada suatu tablature gitar dengan gambar sebagai berikut

E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—0–1–2–3–4–5–6——————————————-

dari gambar di atas maka kita membacanya adalah : angka 0 1 2 3 4 5 6 memiliki arti itu adalah urutan fret yang kita tekan , dan angka itu berada di dtrings E, jadi artinya kita menekan secara berurutan pada senar E yaitu :

0 ———> strings open artinya kita petik strings E tanpa menekan fretboard

1———–> strings E dengan menekan fret 1 pada strings E, artinya kita memetik senar E pada posisi fret 1 kita tekan. untuk pengetahuan apa itu fret dsb sudah dijelaskan di postingan sebelumnya.

2———— sama seperti 1 namun berada di fret 2 yang di tekan,begitu seterusnya.

nah berarti dari gambar di atas tersebut, kita secara berurutan memetik strings E dari open strings, fret 1, fret 2, fret 3, sampai fret 6 , kita petik sesuai urutan angka pada gambar tablature. cukup mudah bukan?

 

bentuk lain Cara Membaca Tablature Gitar.

E—-3————————————————————
B—-3————————————————————
G—-4————————————————————
D—-5————————————————————
A—-5————————————————————
E—-3————————————————————

Bentuk notasi di atas adalah bentuk chord, yaitu memetik secara bersamaan, berbeda dengan bentuk seperti melodi pada gambar di atasnya. cara membacanya adalah :

3 3 4 5 5 3 kita tekan secara bersamaan dan kita genjreng, karena ada dalam 1 garis lurus berarti kita tekan secara bersama.

strings E fret 3 , B fret 3 , G fret 4, D fret 5, A fret 5, dan E fret 3, kalau kita aplikasikan akan membentuk chord G mayor.

bentuk lain Cara Membaca Tablature Gitar

E——–3——————————————————–
B——-3———————————————————
G——4———————————————————-
D—–5———————————————————–
A—-5————————————————————
E—3————————————————————-

Bentuk Cara Membaca Tablature Gitar di atas berbeda lagi, dimana tidak berada dalam satu garis lurus berarti itu dimainkan secara bergantian dan tidak di petik secara bersamaan. dimulai dari angka yang paling kiri ke kanan, berarti kita bergantian memetik strings E fret 3 lalu strings A fret 5 lalu strings D fret 5 lalu strings G fret 4 lalu strings B fret 3 lalu strings E fret 3. dan dipetik secara berurutan , karena tidak dalam satu garis lurus seperti pembentukan chord G mayor pada gambar sebelumnya.

lalu Cara Membaca Tablature Gitar ada bentuk lain lagi

E——————3———————————————-
B—————3—–3——————————————–
G————4———–4—————————————–
D———5—————–5————————————–
A——5———————–5———————————-
E—3—————————–3——————————–
Bentuk di atas hampir sama dengan bentuk berurutan sebelum bentuk ini,  cara membacanya sama dengan bergantian memetik strings E fret 3 lalu strings A fret 5 lalu strings D fret 5 lalu strings G fret 4 lalu strings B fret 3 lalu strings E fret 3. dan dipetik secara berurutan , karena tidak dalam satu garis lurus, namun setelah strings E fret 3 lalu kita kembali menekan strings B fret 3 lalu strings G fret 4 lalu strings D fret 5 lalu string A fret 5 lalu strings E fret 3.

Cara Membaca Tablature Gitar di atas adalah bentuk bentuk dasar,secara kompleks nanti dijelaskan lagi lambang lambang yang menyertai pembacaan tablature gitar yang akan saya bahas pada postingan selanjutnya, namun cara membaca tab secara hafal penempatannya seperti dasar di atas adalah sangat penting, sebelum gitaris mengetahui lambang lainnya yang menyertai pembacaantablature, maka gitaris wajib menghafal luar kepala notasi dasar yang sudah di postingkan di atas.

Cara Membaca Tablature Gitar

 

deva | November 30th, 2011 | 11 Comments
      Pin It


  1. sob? bantuin saya..saya masih pemula nih,, dan nasib saya selalu di hina”..tolong..saya masih belum jelas…cara membaca angkanya gimana si? misal 3 55 33 4 dsb…kan terkadang bentuk”a nanjak temurun itu gimana? thanks

  2. kalau nanjak itu mksdnya secara mudahnya itu hanya urutannya saja,, jadi 3 55 33 4 berarti 3 lalu 55 artinya 55 disini fret 5 ada 2 not yang dimainkan bersamaan trgantung,,misal 55 itu pada senar 3 dan 5 jadi senar 3 dan senar 5 pada fret 5 dimainkan bersamaan pas urutan 55 itu tadi,,,, cra simpenya gitu bro,,, itu baru dasar,,nanti kadang ada 5lalu diikuti tanda B dll,,artinya fret 5 senar ke sekian di bending ,,,,dll udah ada penjelasannya sepertinya di blog saya ini

    • indra says:

      gini mas…emmm anggap yg laen itu saya sudah bisa(rekayasa)hehe..gini,,q sblmnya mw menanyakan 1 trlbih dahulu…yg laen gampang,,,em kan ada lagu st 12 yg aku masih sayang,,,itu dah q temuin,,tapi mel ke 2 gak ketemu,,so banter bgt ga kebaca telinga,,itu gimana??

      • devamelodica says:

        kalo ga kebaca pake telinga,,biasanya para gitaris kalau ngeband ke atas panggung mengimprovenya, asal masih dalam satu lajur melodi yang ga fals dan sesuai chord,, nah jika ingin mengimprove harus melalui proses yang lama mas, setidaknya anda harus terus berlatih terus,, mengimprove dalam hal ini adalah mengisi melodi yang sekiranya tidak bisa di cari oleh anda sendiri,,,namun jika ingin tau sebenarnya melodinya gimana,,,download aja .gp5 nya atau searching google aja mas tentang tablature st12 aku masih sayang,,lalu tabnya dibaca sesuai petunjuk dari saya itu

  3. Ra Pratama says:

    manntab ilmunya gan :D
    forward trus blognya :D

    awalnya agak bingung sih -_-

  4. kurang bgtu paham mas kalo udah liat tab yang lain coz bnyak simbolnya..
    skalian deh mas, mau nannya nih.hehe.
    kalo cara metik senar gitar akustik yg baik dan benar itu gmana ya?
    makasih.

  5. payjoe payjoe says:

    trus apa yang dimaksud kunci melodi yg berbentok ..2.17 2.19..tolong jelaskan

  6. klo yg ini gmn nih? yg x x x itu gak ditekan atau gmn?

    |-4–4-4-x-4-0-0-x-2-x-0-0-0-|——————0-0-x-0-(0)-0-x-x-|
    |-5–5-5-x-5-2-2-x-2-x-2-2-2-|-4-4-4-4-4-x-x-0-0-x-0-(0)-0-x-x-|
    |-6–6-6-x-6-3-3-x-3-x-3-3-3-|-4-4-4-4-4-x-x-8-8-x-9-(9)-8-x-x-|
    |-6–6-6-x-6-4-4-x-4-x-4-4-4-|-4-4-4-4-4-x-x-9-9-x-9-(9)-9-x-x-|
    |-4–4-4-x-4———————|-2-2-2-2-2-x-x-7-7-x-7-(7)-7-x-x-|
    |———————————-|—————————————–|

  7. klo yg ini gmn nih? yg x x x itu gak ditekan atau gmn?

    |-4–4-4-x-4-0-0-x-2-x-0-0-0-|——————0-0-x-0-(0)-0-x-x-|
    |-5–5-5-x-5-2-2-x-2-x-2-2-2-|-4-4-4-4-4-x-x-0-0-x-0-(0)-0-x-x-|
    |-6–6-6-x-6-3-3-x-3-x-3-3-3-|-4-4-4-4-4-x-x-8-8-x-9-(9)-8-x-x-|
    |-6–6-6-x-6-4-4-x-4-x-4-4-4-|-4-4-4-4-4-x-x-9-9-x-9-(9)-9-x-x-|
    |-4–4-4-x-4———————|-2-2-2-2-2-x-x-7-7-x-7-(7)-7-x-x-|
    |———————————-|—————————————–|

  8. klo yg ini gmn nih? yg x x x itu gak ditekan atau gmn?

    |-4–4-4-x-4-0-0-x-2-x-0-0-0-|——————0-0-x-0-(0)-0-x-x-|
    |-5–5-5-x-5-2-2-x-2-x-2-2-2-|-4-4-4-4-4-x-x-0-0-x-0-(0)-0-x-x-|
    |-6–6-6-x-6-3-3-x-3-x-3-3-3-|-4-4-4-4-4-x-x-8-8-x-9-(9)-8-x-x-|
    |-6–6-6-x-6-4-4-x-4-x-4-4-4-|-4-4-4-4-4-x-x-9-9-x-9-(9)-9-x-x-|
    |-4–4-4-x-4———————|-2-2-2-2-2-x-x-7-7-x-7-(7)-7-x-x-|
    |———————————-|—————————————–|





Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.