Informasi terbaru terlengkap terbaik

YOUTH AND LIFESTYLE

Random Post
Membuat tulisan berkedip

Membuat tulisan berkedip

Membuat tulisan berkedip Membuat tulisan berkedip pada suatublog atau  postingan blog sebenarnya caranya gampang sekali, namun fungsinya menurut saya lumayan berguna hehe, disamping jd bervariasi […]

Selengkapnya »

Cara Menghitung Uji Multikolinearitas Pada Instrumen Skripsi Kuantitatif Dengan SPSS

Cara Menghitung Uji Multikolinearitas Pada Instrumen Skripsi Kuantitatif Dengan SPSS - Setelah dilakukan uji Linearitas, maka kita lanjutkan untuk uji prasyarat yang terakhir yaitu uji multikolinearitas. Yang saya contohkan dalam uji ini adalah uji pada skripsi saya 3 variabel yang berjudul Hubungan Antara Fasilitas Belajar dan Komunitas Teman Sebaya Dengan Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII  SMK Muhammadiyah 3 Kulon Progo Tahun Ajaran 2011/2012.

Cara Menghitung Uji Multikolinearitas Pada Instrumen Skripsi Kuantitatif Dengan SPSS

Uji Multikolinieritas dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antar variabel bebas. Menggunakan analisis korelasi akan diperoleh harga interkorelasi antar variabel bebas. Jika harga interkorelasi antar variabel bebas lebih kecil atau sama dengan 0,800 maka tidak terjadi multikolinieritas. Kesimpulannya jika terjadi multikolinieritas antar variabel bebas maka uji kolerasi ganda tidak dapat dilanjutkan. Akan tetapi jika tidak terjadi multikolinieritas antar variabel maka uji korelasi ganda dapat dilanjutkan.

Cara Menghitung Uji Multikolinearitas Pada Instrumen Skripsi Kuantitatif Dengan SPSS

Syarat terjadinya multikolineritas adalah jika harga interkorelasi antar variabel bebas lebih besar atau sama dengan 0,600. Apabila harga interkorelasi antar variabel bebas kurang dari 0,600 berarti tidak terjadi multikorelasi.

UJI MULTOKOLINEARITAS

1. copy yang di blog kuning ( bisa lihat pada postingan uji normalitas UJI Normalitas )  ke dalam spss satu persatu , lalu berilah label dengan klik variable view pada bagian kiri bawah. Lalu ganti dengan nama yang anda paham,misal untuk saya FASILITAS BELAJAR pada VAR0001 saya ganti nama dengan FASBEL, Komuitas teman sebaya / VAR002 saya beri nama KTS dan Minat melanjutkan studi/ VAR003 saya beri nama MINAT. maka akan menjadi seperi gambar di bawah :

 

uji normalitas

 

2. Lalu ikuti langkah berikut pada SPSS,

ANALYZE——->Corelate————–> Bivariate

3. Lalu masukkan Variabel bebas ( x1 dan x2 ) ke kolom kanan,,dalam hal ini Variabel Y tidak usah di masukkan ke kolom kanan karena yang akan kita ukur multikolinearitas variabel x.

uji multikolinearitas

 

Kemudian klik OK, maka akan muncul output hasil SPSS nya sebagai berikut :

uji multikolinearitas1

Nah lalu apa yang kita baca dari output tersebut? . yaitu pada pearson correlationnya. sehingga dari output di atas maka kita dapat melakukan sebuah analisis sebagai berikut :

Cara Menghitung Uji Multikolinearitas Pada Instrumen Skripsi Kuantitatif Dengan SPSS

Syarat tidak terjadi multikolinieritas apabila interkorelasi antar variabel bebas kurang dari 0,60 sehingga analisis regresi berganda dapat dilanjutkan. Apabila terdapat korelasi lebih dari 0,60 maka terjadi multikolinieritas sehingga analisis regresi ganda tidak dapat dilanjutkan. Uji multikolinieritas dilakukan dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS versi 17.0 for windows, diperoleh hasil uji multikolinieritas yang disajikan pada tabel sebagai berikut : 

Ringkasan uji multikolinieritas

Variabel

X1

X2

Ket

Fasilitas Belajar (X1)

1

0.280

Tidak terjadi multikolinearitas

Komunitas Teman Sebaya (X2)

0.280

1

Tidak terjadi multikolinearitas

  Hasil analisis yang disajikan dalam tabel menunjukan bahwa nilai korelasi antara semua variabel bebas sebesar 0.280 lebih kecil dari 0.60 sehingga dapat disimpulkan bahwa antar variabel bebas tidak ada yang berkorelasi secara sempurna atau tidak terjadi multikolinieritas.

Nah jika tidak terjadi multikolinearitas, maka kita bisa melanjutkan ke uji Hipotesis.

Profil Penulis :

 

R SATRIYO NUGROHO, Spd

 

R SATRIYO NUGROHO, SPd

 

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA FAKULTAS TEKNIK

Cara Menghitung Uji Multikolinearitas Pada Instrumen Skripsi Kuantitatif Dengan SPSS

deva | February 1st, 2013 | 2 Comments
      Pin It


  1. Yan Drie says:

    kug gak ada uji hipotesisnya gan?

  2. Yan Drie says:

    kug gak ada uji hipotesisnya gan?





Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.