YOUTH AND LIFESTYLE

Cara menulis cerpen dan novel

Cara menulis cerpen dan novel

Cara menulis cerpen dan novel menulis adalah hobby seseorang, dengan menulis orang akan lebih bisa mencurahkan segala isi hatinya, dengan menulis kejenuhan pun akan ternetralisir. Menulis juga memiliki banyak sekali karakter jiwa seseorang. Setiap orang mempunyai karakter sendiri sendiri dalam gaya menulisnya, termasuk menulis cerita cerita fiksi seperti cerpen, novel, cerbung, komik DLL.

Bagi anda seorang penulis pemula mungkin akan susah menyampaikan ide ide yang mungkin sudah tertanam dalam otak anda. sebuah karya tulis fiksi yang baik adalah sebuah karya tulis yang bisa membuat pembaca semakin penasaran dengan jalan cerita selanjutnya, gaya bahasa dan permainan kata kata yang bisa membuat pembaca terhipnotis, dan mampu mebuat degup kencang dada pembacanya saat hampir menemui klimaks dalam tulisan itu.

Cara menulis cerpen dan novel yang baik adalah sebagai berikut :

1. Buatlah kerangka karangan yang baik, yang tersusun sistematis, secara garis besar terlebih dahulu. Tentukan apa apa yang akan anda tuangkan secara garis besar terlebih dahulu.

2. setelah menemukan kerangka cerita dari awal sampai akhir, mainkan alur cerita secara garis besar terlebih dahulu, misalnya ceritanya adalah sesorang akan jadian dengan orang lain melalui proses yang panjang, dalam hal ini cobalah memainkan alur cerita , jangan monoton alur ceritanya , bolak baliklah alur cerita agar pembaca nantinya akan merasa tidak boring membaca karya anda. misal alur cerita normal orang jadian adalah

kenalan—–PDKT——menembak——jadian atau ditolak

nah, klimaks crita anda adalah jadian atau ditolak dengan alur seperti itu, maka agar lebih menarik cobalah menulis dengan alur yang sebenarnya jawabannya sudah ada di bagian sebelumnya, misal kita akan menulis di klimaksnya yaitu saat jadian, maka pada saat part jadian itu, cobalah ungkap teka teki atau sesuatu hal yang bisa membawa ke arah jadian dalam waktu sebelum rentang jadian. misal saat menembak, si cowok membawa bunga mawar, nah di situ ceritakan kenapa cowok itu membawa bunga mawar? lalu jawabannya akan terkuak pada alur sebelumnya yang tidak anda tulis pada alur sebelumnya,misalnya saat kejadian menembak, anda ceritakan dalam karya anda, bahwa misal si cowok seminggu yang lalu bertanya pada teman si cewek kalau si cewek yang sedang di tembak itu kesukaannya bunga mawar. ini yang dinamakan alur maju mundur, yang bisa membuat pertanyaan si pembaca akan terjawab dengan sendirinya. Bakat menulis akan berbicara banyak dalam penyusunan alur ini, dan banyak berlatih akan membuat anda semakin terasah kemampuan menulisnya.

3. berimajinasilah dengan menempatkan setting cerita yang baik, misal temanya adalah percintaan, maka berceritalah setting tempat dan latar sesuai dengan tema percintaan, jangan membuat setting yang ngawur, misal menembak calon pacar di ceritakan menembaknya di jamban atau kakus, tentu pembaca akan tertawa dan mungkin tak akan pernah bisa merasakan apa yang seharusnya pembaca rasakan saat membaca karya anda.

4. bumbui dengan hal hal yang tidak monoton, misal anda menulis karya tentang percintaan, janganlah monoton dengan hal hal seputar percintaan, kadang bawalah pembaca keluar dari tema, misal disitu juga berkaitan dengan persahabatan, budaya, hobby, dll, dan hubungkanlah satu sama lain sehingga tercipta benang merah dari asoek diluar percintaan menuju tema utama percintaan itu sendiri, hal ini agar pembaca tidak boring dan semakin terbuai dalam cerita yang dibuat.

5.sisipkanlah kata kata yang bagus dan spesial , misal tulisan tentang cinta,maka sisispkanlah puisi yang romantis atau kata kata romantis dsb,sehingga akan membuat pembaca semakin menghayati karya anda.

6, berimajinasilah sebaik mungkin,anggaplah diri kalian ada di dalam cerita yang kalian buat, misal rasakan saat saat anda pernah patah hati,pernah jatuh cinta, pernah menembak, dll jika anda menulis tentang percintaan, atau rasakanlah saat anda sedang bahagia berada bersama sahabat anda, rasakan anda pernah kehilangan sahabat anda, jika anda menulis tentang persahabatan, dan lain sebagainya yang tujuannya anda menulis tidak hanya untuk khalayak umum,tapi sebenarnya juga untuk diri anda sendiri.

7. tuangkan dengan kata kata yang baik dan permainan kata yang menghibur pembaca, tentu banyak latihan dan waktu yang akan membawa anda menemukan karakter gaya penulisan anda.

sekian Cara menulis cerpen dan novel , semoga bermanfaat. anda bisa membaca contoh tulisan karya saya di KEHILANGAN CINTA UNTUK CINTA karangan DEVAMELODICA

Cara menulis cerpen dan novel

468 ad

17 comments

  1. asikkk, jadi niat menulis novelx jd nambah ni q. hehe

    kita laksanakan. (,”)

  2. devamelodica /

    hooh bang,,:D saya juga nyoba nyoba nulis cerita percintaan :D

  3. bner banget lewat menulis juga merupakan seni mohon kunjungannya http://cumapost.blogspot.com

  4. Launa /

    Thx tipsnya :D

  5. nining /

    maksih ya ats cara saya mo coba nulis

  6. ei chan /

    mkasih tips2nya. kmarin udh mentok nih bwt nulis cerita.skrng jd smangat lg.

  7. terima kasih atas informasi yang sudah di berikan

  8. trimz atas info dan tipsnya ya buat kakak2 yg udh bikin blog ini,saya jdi bisa nyelesaikan tugas cerpen dri dispendak nih….

  9. thanks untuk tips2 nya

    • Malam…
      salam kenal saya iva. terimakasih atas bantuannya. saya suka sekali buat cerpen apalagi novel, tapi seringkali ada beberapa kendala yang saya hadapai, yaitu kebuntuan berfikir saat ditengah-tengah dan di awal pembuatan novel. kadang timbul kebosanan. bagaimana ya caranya agar bisa mengatasi itu? mungkin ada yang bisa mmebri solusi? terimakasih
      Wassalam.

  10. Malam…
    salam kenal saya iva. terimakasih atas bantuannya. saya suka sekali buat cerpen apalagi novel, tapi seringkali ada beberapa kendala yang saya hadapai, yaitu kebuntuan berfikir saat ditengah-tengah dan di awal pembuatan novel. kadang timbul kebosanan. bagaimana ya caranya agar bisa mengatasi itu? mungkin ada yang bisa mmebri solusi? terimakasih
    Wassalam.

  11. saya suka banget bikin cerpen sma novel, v saya masih butuh bingbingan bwt nyalurin hobi saya ini…mungkin ada yg bisa bingbing sya? makasih

  12. adakah hidup lbh membahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>