Diminished dan Augmented

October 27, 2011

Diminished dan Augmented Setelah mengetahui chord mayor dan minor yang merupakan chord yang sangat umum dalam lagu- lagu yang mungkin sering di bawakan pengamen – pengamen ataupun hanya genjreng- genjreng, biasanya mereka memainkan chord mayor dan minor, namun sebenarnya masih ada banyak lagi jenis chord yang bisa di bangun dan di aplikasikan di fingerboard gitar, seperti dim,aug,7th,Maj7th, sus, sus4, 6th,dan masih banyak lagi. Namun saya hanya akan mengulas yang secara umum digunakan saja dalam lagu – lagu biasa yang sering bisa kita nyanyikan dengan gitar, kali ini saya akan mengulas pembentukan chord diminished dan augmented.

1. Diminished

Diminished dibangun dari rumus 1-b3-b5 dari mayor scalenya. Misal kita akan membangun C diminished, maka kita keluarkan dulu C mayor scalenya yaitu C-D-E-F-G-A-B-C . dari pattern itu nada ke tiga diturunkan setengah nada ( flatted third), dan nada ke lima juga diturunkan setengah nada ( flatted five) pada mayor scalenya, sehingga di dapatkan C Diminished = C-Eb-Gb. Ini juga dirumuskan minor + minor = diminished, karena C-Eb adalah minor dari skala C dan Eb-Gb juga minor dari skala Eb. Begitupun seterusnya untuk chord diminished yang lain.

Lalu kita lakukan fingering atau penjariannya pada fingerboard yang mungkin tidak usah saya jelaskan lagi karena sudah di bahas pada postingan sebelumnya. Maka didapat pola seperti ini

Dari pola di atas dari no 1 sampai 4 adalah C F# D# dan C, ingat!! F#=Gb dan D#=Eb, terbukti kan?

Chord diminished biasa dituliskan Xdim, misal Cdim,Ddim,Edim dll.

Untuk pola diminished yang lain adalah :

C dim = C – Eb – Gb
G dim = G – Bb – Db
D dim = D – F – Ab
A dim = A – C – Eb
E dim = E – G – Bb
B dim = B – D – F
F# dim = F# – A – C
Gb dim = Gb – A – C
Db dim = Db – E – G
C# dim = C# – E – G
Ab dim = Ab – B – D
Eb dim = Eb – Gb – A
Bb dim = Bb – Db – E
F dim = F – Ab – B

2 . Augmented

Augmented dibangun dari rumus 1-3-#5 dari scala mayornya. #5 berarti nada ke lima dinaikkan setengah nada (sharped fifth ). Misal membangun C augmented , kita keluarkan dulu mayor Cnya C-D-E-F-G-A-B-C maka chord augmentednya adalah C Augmented = C-E-G#.

Bentuk di fingerboardnya adalah

Jika di pahami maka beda dari C mayor = C E G dan C aug = C E G# di letak titik nadanya maka ditambahkan atau ditekan nada G# nya, hanya menambahkan G# pada open strings yang tadinya G, hmm pusing ya,,,hehe,cermati saja gambar di atas.

Biasanya augmented di tuliskan X+ atau Xaug misal C+ atau Caug dst.

Bentuk lainnya adalah

C aug = C – E – G#
G aug = G – B – D#
D aug = D – F# – A#
A aug = A – C# – F
E aug = E – G# – C
B aug = B – D# – G
F# aug = F# – A# – D
Gb aug = Gb – Bb – D
Db aug = Db – F – A
C# aug = C# – E# (or F) – A
Ab aug = Ab – C – E
Eb aug = Eb – G – B
Bb aug = Bb – D – F#
F aug = F – A – C#

sekian Diminished dan Augmented

KOMENTAR