DEVAMELODICA [DOT] COM

tongkrongannya remaja gaul

Random Post
Sifat Karakter Zodiak Gemini 21 mei – 20 juni

Sifat Karakter Zodiak Gemini 21 mei – 20 juni

Sifat Karakter Zodiak Gemini 21 mei – 20 juni Lincah, Pandai berbicara, Tidak Stabil, Mudah Berubah-Ubah, Mudah Gugup, Sangat Peka Nomor Keberuntungan: 4,11,26,31,38.49 Aroma Keberuntungan: […]

Selengkapnya »

Pembentukan Chord minor pada gitar

Pembentukan Chord minor pada gitar Setelah di postingan sebelumnya, sobat mengenal pembentukan chord mayor pada PEMBENTUKAN CHORD MAYOR pada gitar , maka sekarang saya akan mengulas tentang pembentukan chord minor pada gitar. Rumus triad ( tiga nada ) minor adalah 1-b3-5 . b3 berarti nada ke tiga dari skala mayor diturunkan setengah, misal kita akan mencari triad minor untuk nada C, terlebih dahulu kita urai dulu skala mayornya nada C seperti pada postingan Tangga nada mayor / mayor scale, didapat

C-D-E-F-G-A-B-C. jika triad mayornya C adalah C-E-G maka triad minornya C adalah C-Eb-G. nada ke 3 nya yaitu E kita turunkan setengah nada atau pada gitar diturunkan 1 fret. Chord minor sendiri juga di rumuskan : minor ditambah mayor = minor. Kita lihat saja C-Eb adalah susunan minor pada skala C, yaitu C-D-D#-F-G-G#-A#-C. ingat Eb = D# , maka terbukti kan? Dan Eb ke G adalah skala mayornya Eb. Sobat bisa memahami ini dengan flashback ke postingan Tangga Nada Minor Natural, nah minor + mayor menghasilkan minor, itu secara sederhananya, kalau secara njlimetnya ya kuliah saja di seni music hehe. Itu jika di lihat dari migrasi mayor scale untuk menghasilkan chord minor adalah dengan rumus 1-b3-5. Cara lain membangun chord minor adalah dengan langsung di terapkan rumus 1-3-5 pada skala minornya, berikut saya kasih tabelnya dulu :

Itu adalah skala minor yang sudah di bahas di postingan yang lalu, nah tadi kita akan membangun chord minor C , jika langsung diterapkan pada skala minornya maka mengacu rumus 1-3-5 , kita lihat saja scale minornya C yaitu C-D-D#-F-G-G#-A#-C nada 1-3-5 nya adalah C-D#-G atau C-Eb-G, mudah bukan? Nah setelah menemukan 3nada minornya maka langkah selanjutnya adalah penempatan pada fingerboardnya pada gitar seperti pada cara mencari chord mayor.

Dan kita aplikasikan C-D#-G ke fingerboardnya maka di dapat banyak bentuk C minor, misal seperti ini

Nah bisa di lihat sendiri dari fingerboardnya, chord di atas di letakkan mulai fret 3 karena ada angka 3 disitu, no.1 adalah nada G dan C. no.2 adalah nada D# atau Eb, no.4 adalah C dan no.3 adalah G, terbukti bukan bahwa Cm di bangun dari C D# dan G, ingat D#=Eb. Nomer nomer diatas juga biasanya melambangkan penjariannya. No.1 adalah jari telunjuk, no.2 adalah jari tengah, no.3 adalah jari manis dan no.4 adalah jari kelingking, ingatlah nomer penjarian ini biasanya hanya dan selalu ditunjukkan dengan nomer 1,2,3 dan 4. dan cobalah mainkan chordnya,maka chord minor akan menimbulkan suasana sedih,sendu,romantis,dan mendayu.

Sekarang contoh 1 lagi untuk membentuk chord D minor, langkahnya sama bisa melalui 1-b3-5 dari D mayornya atau 1-3-5 dari skala D minornya. Jika skala minor D adalah D-E-F-G-A-A#-C-D maka chord D minornya dibentuk dari D-F-A. dan dengan cara yang sama pula di dapatkan beberapa bentuk D minor di antaranya adalah

atau atau

D minor bisa dibentuk dar berbagai pola seperti di atas, namun jika anda perhatikan tetap titik titik itu adalah nada pembentuknya, yaitu D F dan A, silahkan di cek sendiri dari fingerboardnya. Angka 5 dan sebelah kanannya adalah angka 10 itu menunjukkan Fretnya yaitu dimulai dari fret 5 dan 10 namun menghasilkan bentuk penjarian yang berbeda tapi tetap sama sama D minor,nanti akan iyox kasihkan deh bentuk chord2 gitar secara lengkapnya. Chord minor biasa dituliskan dengan Xm misal Am, Bm,C#m , dst  nah untuk meperdalam pembahasan setelah kita bahas chord mayor dan minor maka dapat disusun keluarga chord. jika C=do  yaitu C-D-E-F-G-A-B-C  jika dibuat triadnya maka tersusun :

C major = C-E-G
D minor = D-F-A
E minor = E-G-B
F major = F-A-C
G major = G-B-D
A minor = A-C-E
B dim      = B-D-F
artinya chord harmonis yang di pake untuk nada dasar C=do adalah C-Dm-Em-Fm-Gm-Am-Bdim namun Bdim jarang digunakan dalam musik2 secara umum seperti musik pop,Bdim atau bentuk2 diminished yang nanti juga akan saya bahas biasanya digunakan dalam jazz dan musik2 yang menurut saya musik musik berat hhe.

Sekian Pembentukan Chord minor pada gitar

devamelodica | October 27th, 2011 | No Comments
      Pin It

Tagged with: gitarminorpadapembentukan chord minor









  • BACA JUGA

  • Recent Comments



  • theme by Chivaz [dot] net | Komputer | Gadget | Informasi | Game Gratis | Video