YOUTH AND LIFESTYLE

Peranan Musik bagi Kehidupan

Peranan Musik bagi Kehidupan Tentang musik , Alan P Merriam menyebutnya simbol dari hal-hal yang berkaitan dengan ide-ide dan perilaku masyarakat (Merriam ,1964:32-33).

Musik adalah bagian dari seni, seni adalah salah satu elemen budaya (Koentjaraningrat, 1986 :203-204), dan merupakan salah satu kebutuhan manusia unviersal (Boedhisantoso, 1982:23) yang tidak pernah dipisahkan dari masyarakat. Musik adalah salah satu budaya, berarti musik yang diciptakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Dapat diartikan bahwa musik memiliki fungsi dalam kehidupan manusia. Merriam dalam bukunya The Antropologi Dari Musik mengatakan ada 10 fungsi dari musik .apa sepuluh fungsi musik itu? Berikut ini akan saya jelaskan.

Peranan Musik bagi Kehidupan Fungsi ekspresi emosional

 musik berfungsi sebagai media bagi orang untuk mengungkapkan perasaan atau emosi. Dengan kata lain, pemain dapat mengekspresikan perasaan atau emosi melalui musik .Saat jatuh cinta, saat patah hati, musik sangat berperan dalam penentuan emosi dan penghayatannya.


Peranan Musik bagi Kehidupan Fungsi apresiasi estetika
Musik adalah sebuah karya seni. Sebuah karya seni dapat dikatakan jika ia memiliki unsur keindahan atau estetika di dalamnya. Melalui musik kita dapat merasakan keindahan nilai-nilai baik melalui melodi atau dinamika.

Peranan Musik bagi Kehidupan Fungsi hiburan
Musik memiliki fungsi hiburan mengacu pada pengertian bahwa musik harus mengandung unsur-unsur yang menghibur. Hal ini dapat dinilai dari melodi atau lirik.

Peranan Musik bagi Kehidupan Komunikasi fungsi.
Musik memiliki fungsi komunikasi yang berarti bahwa budaya musik yang berlaku di wilayah berisi isyarat terpisah yang hanya diketahui oleh dukungan publik untuk budaya. Hal ini dapat dilihat dari teks maupun musik melodi.

Peranan Musik bagi Kehidupan Fungsi sebagai simbol
Musik memiliki fungsi dalam sesuatu melambangkan. Hal ini dapat dilihat dari aspek musik , seperti tempo musikal. Jika tempo musik lambat, maka sebagian besar teks menceritakan hal-hal sedih. Jadi musik yang akan melambangkan kesedihan.

 Peranan Musik bagi Kehidupan fungsi reaksi
Jika musik diputar, musik dapat merangsang sel-sel saraf manusia yang menyebabkan tubuh kita untuk pindah ke irama musik . Jika musik lebih cepat maka kita bergerak cepat, dan sebaliknya.

Peranan Musik bagi Kehidupan Fungsi yang berkaitan dengan norma-norma sosial
Musik berfungsi sebagai media instruksi akan norma-norma atau aturan. Penyampaian kebanyakan melalui teks lagu yang mengandung aturan.

Peranan Musik bagi Kehidupan Validasi fungsi sosial. Institusi
Musik fungsi sini berarti bahwa musik memiliki peran yang sangat penting dalam upacara. musik adalah salah satu elemen penting dan bagian dalam upacara, tidak hanya sebagai iringan.

Peranan Musik bagi Kehidupan Fungsi kesinambungan budaya.
Fungsi ini mirip dalam fungsi yang terkait dengan norma-norma sosial. Dalam hal ini musik yang terdapat pada ajaran melanjutkan sistem budaya untuk generasi berikutnya.

Peranan Musik bagi Kehidupan Komunitas integrasi fungsi
Musik memiliki fungsi integrasi masyarakat. Sebuah musik yang jika dimainkan bersama musik tanpa disadari menciptakan rasa kebersamaan di antara para pemain atau musik pecinta.

demikian Peranan Musik bagi Kehidupan, di olah dari www.corelives.com

Peranan Musik bagi Kehidupan

468 ad

3 comments

  1. Great share bro, but i must read it with google translate
    maybe some day you can give me some thread with my language
    Thanks

  2. iyox deva /

    okey,,,,soon i will post with english language,,thanks a lot for visit my blog :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>