Informasi terbaru terlengkap terbaik

YOUTH AND LIFESTYLE

Random Post
Cara Menghitung Uji Hipotesis Regresi Sederhana dan Regresi Ganda Pada Skripsi Kuantitatif Dengan SPSS

Cara Menghitung Uji Hipotesis Regresi Sederhana dan Regresi Ganda Pada Skripsi Kuantitatif Dengan SPSS

Cara Menghitung Uji Hipotesis Regresi Sederhana dan Regresi Ganda Pada Skripsi Kuantitatif Dengan SPSS -Setelah uji validitas, dan uji prasyarat yang terakhir yaitu UJI MULTIKOLINEARITAS […]

Selengkapnya »

Skala Nada Pentatonic ( pentatonic scale )

Skala Nada Pentatonic ( pentatonic scale ) Pentatonik Scale atau tangga nada pentatonik  adalah skala yang paling saya sukai dalam memainkan melodi. Basic pentatonic ini biasanya di terapkan di lagu – lagu yang bergenre blues, rock,dan rock n roll. Pentatonic ini dibangun dengan menghilangkan 2 nada semitone pada skala mayor dan skala minornya , sehingga hanya ada 5 nada ( five not scale ) saja, dan menghasilkan pentatonic mayor serta pentatonic minor.

1. Pentatonic Mayor

Jika pada skala mayor yang sudah di jelaskan di Tangga nada mayor / mayor scale dengan menghasilkan pattern 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Missal pentatonic c mayor didapatkan dengan menghilangkan semitones pada nada di scale mayor C C-D-E-F-G-A-B-C maka scale pentatonic mayornya adalah menghilangkan nada yang berjarak setengah not ( 1 fret gitar) yaitu pada nada ke 4 dan nada ke 7 maka di dapatkan pattern pentatonic mayor scalenya C-D-E-G-A . dari hasil itu didapatkan suatu pattern pentatonic scale dengan pattern 1-1-1-11/2-1. Karena jarak E ke G adalah 1.5 atau selisih 3 fret pada gitar.

Anda dapat mengaplikasikan pentatonic mayor untuk nada yang lain sesuai pattern tersebut, sebagai contoh pentatonic mayor C yang terbentuk yaitu skalanya C-D-E-G-A maka posisi setiap nada di gitar adalah sebagai berikut :

2. Pentatonic Minor

Pada pentatonic minor di dapat dari menghilangkan semitones pada Tangga Nada Minor Natural nya. Jika di dapat pattern minor naturalnya adalah 1-1/2-1-1-1/2-1-1, maka dengan menghilangkan semitones di nada ke 2 dan ke 6. Missal pentatonic minor C didapat dari minor natural c nya yaitu C-D-D#-F-G-G#-A# maka di hilangkan nada ke 2 dan 6 nya sehingga di dapat pattern pentatonic minor C nya C-D#-F-G-A#. ingat yang dihilangkan adalah semitonesnya, semitonesnya skala C minor itu adalah D-D# dan G-G# maka setelah dihilangkan menjadi C-D#-F-G-A#. pattern yang di dapat sekarang adalah pentatonic minor
= 1-11/2-1-1-11/2. Penempatan di fret gitar secara lengkapanya adalah sebagai berikut untuk skala C pentatonic minor:

Biasanya penggunaan pentatonic ini sangat popular dengan penggunaannya pada lagu2 blues dengan menambahkan nada blues di nada ke 4 nya,, yaitu menambahkan semitones pada nada ke 4 nya. Contoh jika C pentatonik minor adalah C-D#-F-G-A# maka ditambah semitones untuk nada ke 4 menjadi C blues scalenya C-D#-F-F#-G-A#, begitu pula untuk nada yang lain. Misal saja membangun blues D, maka kita tentukan dahulu pattern pentatonic minor D nya dari pattern di atas yaitu D-F-G-A-C. maka D blues adalah dengan menambahkan semitones di nada ke 4 menjadi D-F-G-G#-A-C begitu seterusnya untuk nada yang lain.

Skala Nada Pentatonic ( pentatonic scale )

 

 

deva | October 26th, 2011 | 1 Comment
      Pin It

Tagged with: gitarmayorminornadapentatonicscaleskalatangga

[fbcomments]


  1. Dubali Beat says:

    mantap juragan, penjelasannya mudah dipahami. thank’s banget.





Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.