Informasi terbaru terlengkap terbaik

YOUTH AND LIFESTYLE

Random Post
Drama Korea Terbaru April 2013 Birth Secret

Drama Korea Terbaru April 2013 Birth Secret

Drama Korea Terbaru April 2013 Birth Secret – bagi anda yang selalu menantikan info info drama korea terbaru april 2013 berikut devamelodica menginformasikan tentang drama […]

Selengkapnya »

Skala Nada Pentatonic ( pentatonic scale )

Skala Nada Pentatonic ( pentatonic scale ) Pentatonik Scale atau tangga nada pentatonik  adalah skala yang paling saya sukai dalam memainkan melodi. Basic pentatonic ini biasanya di terapkan di lagu – lagu yang bergenre blues, rock,dan rock n roll. Pentatonic ini dibangun dengan menghilangkan 2 nada semitone pada skala mayor dan skala minornya , sehingga hanya ada 5 nada ( five not scale ) saja, dan menghasilkan pentatonic mayor serta pentatonic minor.

1. Pentatonic Mayor

Jika pada skala mayor yang sudah di jelaskan di Tangga nada mayor / mayor scale dengan menghasilkan pattern 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Missal pentatonic c mayor didapatkan dengan menghilangkan semitones pada nada di scale mayor C C-D-E-F-G-A-B-C maka scale pentatonic mayornya adalah menghilangkan nada yang berjarak setengah not ( 1 fret gitar) yaitu pada nada ke 4 dan nada ke 7 maka di dapatkan pattern pentatonic mayor scalenya C-D-E-G-A . dari hasil itu didapatkan suatu pattern pentatonic scale dengan pattern 1-1-1-11/2-1. Karena jarak E ke G adalah 1.5 atau selisih 3 fret pada gitar.

Anda dapat mengaplikasikan pentatonic mayor untuk nada yang lain sesuai pattern tersebut, sebagai contoh pentatonic mayor C yang terbentuk yaitu skalanya C-D-E-G-A maka posisi setiap nada di gitar adalah sebagai berikut :

2. Pentatonic Minor

Pada pentatonic minor di dapat dari menghilangkan semitones pada Tangga Nada Minor Natural nya. Jika di dapat pattern minor naturalnya adalah 1-1/2-1-1-1/2-1-1, maka dengan menghilangkan semitones di nada ke 2 dan ke 6. Missal pentatonic minor C didapat dari minor natural c nya yaitu C-D-D#-F-G-G#-A# maka di hilangkan nada ke 2 dan 6 nya sehingga di dapat pattern pentatonic minor C nya C-D#-F-G-A#. ingat yang dihilangkan adalah semitonesnya, semitonesnya skala C minor itu adalah D-D# dan G-G# maka setelah dihilangkan menjadi C-D#-F-G-A#. pattern yang di dapat sekarang adalah pentatonic minor
= 1-11/2-1-1-11/2. Penempatan di fret gitar secara lengkapanya adalah sebagai berikut untuk skala C pentatonic minor:

Biasanya penggunaan pentatonic ini sangat popular dengan penggunaannya pada lagu2 blues dengan menambahkan nada blues di nada ke 4 nya,, yaitu menambahkan semitones pada nada ke 4 nya. Contoh jika C pentatonik minor adalah C-D#-F-G-A# maka ditambah semitones untuk nada ke 4 menjadi C blues scalenya C-D#-F-F#-G-A#, begitu pula untuk nada yang lain. Misal saja membangun blues D, maka kita tentukan dahulu pattern pentatonic minor D nya dari pattern di atas yaitu D-F-G-A-C. maka D blues adalah dengan menambahkan semitones di nada ke 4 menjadi D-F-G-G#-A-C begitu seterusnya untuk nada yang lain.

Skala Nada Pentatonic ( pentatonic scale )

 

 

deva | October 26th, 2011 | 1 Comment
      Pin It

Tagged with: gitarmayorminornadapentatonicscaleskalatangga



  1. Dubali Beat says:

    mantap juragan, penjelasannya mudah dipahami. thank’s banget.





Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.