Informasi terbaru terlengkap terbaik

YOUTH AND LIFESTYLE

Random Post
Karakter Sifat Dan Pasangan Ideal Shio Kelinci

Karakter Sifat Dan Pasangan Ideal Shio Kelinci

Karakter Sifat Dan Pasangan Ideal Shio Kelinci – Shio kelinci adalah shio yang lahir pada tahun 1927, 1939, 1951, 1963, 1975, 1987, 1999, 2011 nah […]

Selengkapnya »

Tangga Nada Minor Natural

Tangga Nada Minor Natural Setelah membahas skala mayor pada postingan saya yang berjudul Tangga nada mayor / mayor scale, maka sekarang saya akan bahas skala minornya. Walaupun sebenarnya banyak sekali pembahasan tentang skala nada pada gitar,chord dan lain sebagainya , namun saya mencoba untuk menuliskan dengan bahasa saya sendiri dan pengalaman saya sendiri ketika saya memainkan nada nada ini di gitar Ibanez kesayangan saya hehe, hitung – hitung sebagai belajar ulang dan belajar mengaplikasikannya lewat kata – kata. Memang bermain gitar tidaklah perlu memahami beribu teori yang mungkin sampai ke teori2 yang sangat berat, namun untuk sekedar memanjakan diri dengan latihan band dan menyanyikan lagu – lagu melalui gitar saya, sebenarnya cukup diperlukan beberapa teori sederhana saja dan sebenarnya kemampuan feeling dan ketekunan yang langsung bisa menimbulkan ketrampilan menarinya jari-jari di permukaan strings gitar,itulah yang diperlukan. So, tetap jangan Cuma teori aja , namun bermain gitar adalah seperti praktikum yang harus kita coba sendiri, pahami sendiri, dan akhirnya kita memahami sendiri alur – alur suatu teori yang secara tidak sadar telah kita kuasai, seperti saya, telah OTODIDAK bermain gitar sejak SMP kelas 1 , dan mulai seidkit belajar teori music, ternyata apa yang selama ini saya perhatikan dan praktekan sebenarnya ada di dalam teori yang selama ini tidak saya sadari,ya begitulah music adalah abstrak dan luas, dan tentunya imajinasi yang bakal berbicara dalam music. Di balik keanggunan bentuk dan suara gitar sebenarnya tersembunyi sejuta misteri nada dan beribu teknik permainannya hehe.

Kembali ke pokok bahasan, kali ini akan di bahas skala minor.Skala minor ini sebenarnya mempunyai 3 bentuk, yaitu natural minor atau minor murni, harmonic minor, dan melodic minor. Untuk mengoptimalkan pembahasan maka saya buat pembahasan postingan untuk minor murni terlebih dahulu sebelum ke minor berikutnya di postingan berikutnya, jadi tetap klik – klik blog saya ya hehe…..

1. Minor murni

Jika pada skala mayor terjadi dari rumus 1-1-1/2-1-1-1-1/2 maka untuk rumus skala mimor murni ini hanya berbeda di nada ke 3 dan 6 nya. Terjadi semitone antara nada ke 2-3 dan ke 5-6. Semitone sendiri adalah artinya penurunan nada setengah atau kenaikan nada setengah,,mohon direvisi jika ada kesalahan pengertian,,jadi pada skala mayor bisa juga di sebut rumusnya tone-tone-semitone-tone-tone-tone-semitone. Sehingga karena terjadi semitone di nada 3 dan 6 dari skala mayornya pada skala minor menimbulkan suatu rumus 1-1/2-1-1-1/2-1-1 atau tone-semitone-tone-tone-semitone-tone-tone.

Misal kita akan mencari skala minor dari nada C , maka jika skala mayornya adalah c-d-e-f-g-a-b-c maka dengan rumus di atas skala C minornya adalah C-D-D#-F-G-G#-A#-C. karena terjadi semitone pada nada ke 3 yaitu D# dan nada ke 6 yaitu G#, atau menggunakan perumusan 1-1/2-1-1-1/2-1-1 dimana c-d jaraknya 1 (2 fret pada gitar) d-d# jaraknya ½(1 fret pada gitar) dst. untuk menentukan kenaikan jarak nadanya bisa di baca pada postingan skala mayor yang sudah saya postingkan sebelumnya. Berikut penempatan nadanya pada gitar untuk C minor scale murni.


Coba anda mainkan C minor scale murni ini jika di bandingkan dengan C mayor scale yang sudah saya postingkan sebelumnya, tentu menurut saya ada perbedaan suasana bunyi nadanya dimana minor ini lebih sendu daripada mayor.

Berikut daftar skala nada minor untuk nada yang lain

Dan berikut untuk mayornya

Lalu mainkan dengan gitar,rasakan perbedaan mayor dan minornya. Oke selamat bereksperimen hehe. Dan satu lagi nih,jika kita perhatikan daftar urutan skala nadanya ada persamaan urutan nadanya namun kuncinya berbeda untuk beberapa nada berikut ,

C (Major) = Am  (Natural)                C# = A#m

D = Bm                                               D# = Cm

E = C#m                                             F  = Dm

F#  = D#m                                           G = Em

G#  = F#m                                          A = F#m

A#  = Gm                                            B = G#m

Tentang teori chord akan dibahas pada postingan berikutnya,,jd tetep klik2 ya hehe,,,sekian Tangga Nada Minor Natural

 

deva | October 26th, 2011 | 2 Comments
      Pin It

Tagged with: asliminornadanaturalscaleskalatangga

[fbcomments]


  1. [...] Nada Minor Melodic Tangga Nada Minor Melodic Setelah membahas Tangga Nada Minor Natural dan Tangga Nada Minor Harmonic maka untuk yang berikut adalah tangga nada minor melodic ( melodic [...]





Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.